Melimpah, Beasiswa Belum Dimanfaatkan



 
Les Privat bpUI- Beasiswa untuk calon doktor tersedia melimpah. Meski demikian, belum semua beasiswa tersebut dimanfaatkan secara optimal.
Selain Kementerian Pendidikan Nasional, beasiswa juga disediakan sejumlah negara yang menjalin kerja sama dengan indonesia serta beasiswa dari sejumlah lembaga internasional. "Pemerintah mentargetkan, sampai 2015 bisa memberikan beasiswa untuk 5.000 calon doktor," kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, di Tarakan, Kalimantan Timur, Minggu (21/8/2011).

Dana untuk beasiswa, kata Nuh, tersedia dalam jumlah yang memadai. Dari dana abadi pendidikan yang besarnya Rp 3,6 triliun saja, diperoleh bunga sekitar Rp 110 miliar per tahun yang khusus disiapkan untuk beasiswa. Selain itu tersedia pula beasiswa yang sumber dananya dari APBN, serta beasiswa dari sejumlah negara seperti Jerman, Belanda Australia dan Selandia Baru.
Meski demikian, tidak semua beasiswa tersebut dimanfaatkan karena berbagai faktor. Selain sosialiasi dan informasi yang kurang, sejumlah calon penerima beasiswa lulus tetapi akademik tapi menghadapi kendala dalam penguasaan bahasa asing . "Persoalan bahasa dan budaya di negara tujuan, tidak bisa dianggap remeh karena bisa mempengaruhi kesuksesan dalam belajar," kata Nuh.

Postingan Populer