Rektor Bercita-cita Jadikan UI Kawasan Sport Science



 
Ilustrasi : ist. Les Privat bpUI-Universitas Indonesia (UI) Gumilar R Somantri, memiliki impian yang akan segera diwujudkan yakni, menciptakan UI menjadi kawasan arena olahraga berbasis ilmu pengetahuan atau sport science.


Gumilar terinspirasi dari ajang kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) serta persiapan UI sebagai tuan rumah penyelenggaraan SEA Games 2011 mendatang untuk cabang olahraga anggar.




Gumilar mengklaim, ternyata Balairung UI berpotensi sebagai arena olahraga bahkan hingga sembilan cabang. Dia mencontohkan, selain anggar, kampus UI Depok juga cocok untuk arena pertandingan atletik, sepak bola, futsal, renang, bulutangkis, basket, voli, ataupun hoki.


“Balairung saat ini terus direnovasi untuk persiapan SEA Games, tetapi nantinya UI akan menjadi kawasan sport science. Stadion akan kami benahi untuk sepak bola serta gymnasium yang sudah ada akan dioptimalkan,” katanya kepada wartawan, Jumat (22/07/11).

Gumilar menambahkan, para mahasiswa juga akan dilibatkan untuk menjadi pendukung ataupun kelompok paduan suara yang akan menyanyikan lagu kebangsaan ataupun lagu tradisional. Sehingga, kata dia, tidak hanya dapat menelurkan atlet berkualitas, namun juga menjadikan penonton berkualitas dengan skala internasional.

“Anggar baru tahap awal. Nanti akan ada arena atletik untuk 10 kilometer atau jarak menengah. Lalu akan ada olympic size swimming pool, indoor gymnasium di masa datang,” tuturnya.

Dia menambahkan, kapasitas Balairung UI mampu menampung 5.000 penonton yang akan menyaksikan pertandingan anggar pada ajang SEAGames. Selain itu, dia juga berencana akan membangun training center bagi para atlet.

“Jadi, mahasiswa UI juga bisa menjadi atlet, atau atlet yang akan kita jadikan mahasiswa UI. Ada asrama yang bisa dipakai untuk menampung mereka,” tandas Gumilar.
(rhs)

Postingan Populer