Mengisi LJK yang Benar

Lembar Jawaban Ujian Nasional. (Foto: dok. Okezone) bpUI - Mengisi lembar jawaban ujian nasional (LJUN) enggak boleh sembarangan. Jangan sampai karena kesalahan kecil, kita malah enggak dapat nilai. Rugi, kan?

Kalau masih bingung, simak penjelasan ini.

Menurut Public Relation SPV PT Faber Castell International Indonesia Andri Kurniawan, ketika mengisi LJUN, kita harus memastikan bahwa kita sudah membulatkan kolom jawaban dengan sempurna.

"Pengisian LJUN bisa sempurna dengan menggunakan penggaris yang sudah dilengkapi bulatan-bulatan untuk menghitamkan LJUN," kata Andri kepada bpUI, Mingu (23/3/2014).

Perhatikan juga aspek ketepatan dan kebersihan. Misalnya dalam pengisian kolom nama; pastikan kita menuliskan nama sesuai dengan kartu identitas. Andri menyarankan, usahakan menulis dulu nama secara lengkap di kolom nama, kemudian baru bulatkan tiap hurufnya.

Tips lainnya, konsisten, ya! 

"Jangan menulis nama dengan cara berbeda setiap hari. Jika di hari pertama kita menuliskan nama Mahmud Anwar, jangan mengubahnya menjadi M Anwar di hari kedua. Hal ini akan berpengaruh pada saat pemindaian LJUN," tutur Andri.

Soal kebersihan juga penting. Jangan sampai LJUN kita kotor dan bersih dari debu.

"Gunakan penghapus yang memiliki konsep free dust (bebas debu). Lalu jangan mencorat-coret LJUN, terutama di bagian kolom identitas," imbuhnya. (rfa)

Postingan Populer